Sunday, October 5, 2014

kata

Awal... sebuah nosi yang selalu menjadi beban nan menjanjikan. Tidak....bukan menjanjikan.... tapi memberi harapan. Entah bisa berkata baik atau buruk, tapi hanya bisa berkata. Yang artinya hanya tuan dan nona yang bisa menilai. Silakan menilai dengan bebas, tanpa berpaku pada referensi umum yang biaa berjumlah hanya dua. Toh yang punya arti hanya tuan dan nona yang jadi penikmat.
Alpha dan Omega.... begitu kata orang – orang yang berdiam diri di bawah teduhnya langit. Awalan dan akhiran, apalah artinya? Mungkin tuan punya arti sendiri? Atau ingin berdiri dibelakang mereka yang sudah memiliki arti dalam persetujuan? Atau nona juga punya arti sendiri? Ah.. biarlah... akan kukisahkan pula apabila tuan dan nona menjawab hal yang sama atau berbeda.
Kalian manusia akan selalu bertemu awal dan akhir. Sebagaimana kalian dilahirkan dan dimatikan. Saat mata kalian terbuka dan tertutup diakhir hayat. Aku? aku bukan manusia, namun hanya kumpulan huruf dan kalimat yang kalian baca. Santapan untuk mata dan otak kalian yang ingin mencari pelarian dikala asa putus dan rindu tawa.
Aku adalah juru selamat kalian, yang selama  ini kalian lupakan, hinakan dan sepelekan. Selama ini aku berada di sekeliling kalian namun kalain tak pernah hiraukan. Aku berdiam dan termenung di depan kalian. Kadang kalian rindu , kadang kalian sendu, kadang kalian meragu karena aku. Tapi kalian tak pernah menganggap kehadiranku.
Dengan-ku kalian bercinta, dan dengan-ku pula kalian berdusta. Dengan-ku kalian membenci dan dengan-ku pula kalian berdiskusi.  Ambiguitas memang menjadi kekasih yang selalu berdiri setia disampingku. Karena aku ada dengan warna yang tak mampu digambarkan spektrum warna. Wajahku tak akan kalian temukan dalam cermin dan layar kata, karena wajahku tak sudi bertegur sapa dengan kepastian.
Tanpa sadar kalian gunakan aku dalam keseharian.... dan aku hanya bisa berdiam mengukir kisah kalian yang perlahan - lahan tenggelam dalam jurang adiksi zaman...


Oke! Gimana? Ini bener – bener out of the blue banget. Gua gatau menurut kalian gimana, tapi menurut gua ini bener bener random dan layak uat di tulisin at least di blog pribadi gua. Gua pengeeen banget nyeritain ini tentang apa, tapi kayanya malah spoil the surprise kalo gua critain. Tapi silahkan anget kalian kritik, asli gua butuh kritik apalagi buat yang ini. emang si random banget, dimana gua seharusnya nerusin kisah tntang Mada ama Tara, tapi ini buat selingan sebelum gua lanjutin ngulik tentang mereka. ada beberapa hal keren yang musti gua pelajarin seblom ngelanjutin tentang mreka. Happy reading!!


Monday, September 29, 2014

iseng iseng asooy boooy

Mungkin gua ha seharusnya nganggep ini sebagai semacem chore sih. Karena ini emang bukan chore. tapi karena gua mau ini jadi smacem channel  yang bisa nyalurin emosi ama imajinasi gua ketika gua lagi mager banget dan ga ada feel buat main sket. Emang muasin batin banget, yah... kadang -  kadang sih. Tapi gini deh coba mikirnya kaya gini, gua udah dapet banyak banget referensi dan imajinasi dari masa kecil gua yang hampir semuanya gua abisin buat baca komik, nonton film , dan main video game ber-genre fantasi, jadi logikanya adalah gua pasti bisa bikin sebuah atau dua buah cerita buat gua publish atau buat sekedar dinikmatin aja.
Dan emang iya, salah satu problem utama gua buat nulis atau bikin cerita adalah kemageran gua yang amat sangat ngeselin untuk ngetik ketika ide tau – tau nongol di pala. Atau mungkin karena gua nya aja yang agak sedikit perfeksionis dalam hal kaya beginian (beginian tuh apa -_-“) yang bikin gua kurang puas terus ama apa yang gua ketik atau tulis dimanapun itu. Jadi yang hasilnya gua belum buat apa – apa dalam bentuk tulisan riil yang bisa gua kasi liat kesiapapun, yang ada cuma bayangan kasar yang lalu lalang gajelas dikepala yang tau – tau ilang disantap ketiadaan seperti halnya tai yang masuk kelobang wc abis di flush.
Gua di awal semester ini bikin semacem target pribadi atas karya gua, berupa 50 puisi ama 4 cerpen. Progresnya? Buat puisi gua lost count, dan untuk cerpen.......belom sama sekali. Demi segala yang bersih dan wangi dah gua ide ada tapi magernya kaga nahan buat ngetik. Kalo ditulis pake pulpen bikin pegel, jadinya gua bingung sendiri. Ini aja gua ngetik ginian juga hasil bingung mau ngapain lagi jam segini (jam 3 pagi hari selasa dan gua ada kelas jam 8. HUEHUEHUE) dengan niatan mau ngetik at least draftnya aja dulu deh, asli Cuma draftnya dulu aja. Tapi pas microsoft wordnya kebuka tiba – tiba ide pergi terjun bebas ke bumi lalu hilang dari pandangan mata di muka.
“kesempurnaan ga bakal dateng kalo lu cariin, kesempurnaan bakal dateng sendiri fe, selow wae atuh ‘a.” Itu kutipan yang asoy banget dari salah seorang kawan gua yang bernama Dudung, doi suka nulis juga, dan doi kayanya ngomong itu dari pengalaman deh, jadi dia ngomong itu ke gua biar gua terusin nulis lagi dan lagi. Dan sebenernya kalimatnya Dudung itu bener – bener common sense yang mungkin semua orang tau tapi sering dilupain karena mereka (kita juga bisa sih) sibuk ngejar sesuatu yang sama sekali ga penting. Apa itu? Kesempurnaan itu sendiri. Jujur gua pengen ngebahas tentang kesempurnaan disini, tapi berhubung tau – tau ide nongol di otak, jadi coba gua ceritain ke kalian ya.

“Da, dimana? Ngopi lah.” Tiga kata tersebut masuk ke ponsel Mada siang itu dalam bentuk sms. Waktu menunjukan pukul 12 Mada, yang saat itu sedang tertidur lelap di sofa rumahnya tidak menghiraukan pesan tersebut selama 2 jam. Sampai akhirnya ia terbangun dan langsung melihat ponselnya dengan harapan ada yang mengajaknya keluar rumah. Setelah ngulet selama 3 menit, ia melihat ponselnya dan mendapati ada satu sms masuk. “Woy Tar, ayolah, dimana? Gua baru bangun, maap lama.” Balas Mada sigap dengan perasaan senang karena ada yang mengajaknya keluar sabtu ini. Mada melepaslan pandangannya dari ponsel dan melihat sekeliling ruang tamu rumahnya seraya mengumpulkan nyawa pasca tidur. Rumahnya kosong. Orang tua dan adiknya pergi entah kemana. Jendela – jendela terbuka lebar dan segelas teh yang mendingin trsedia diatas meja makan. Mada berbalas pandang dengan kotak hitam berukuran 18 inci didepan matanya. Dicarinya remote tv dan menyalakan tv yang kemudian langsung dimatikan setelah melihat beberapa channel. Mada bangun dari sofa dan menyalakan radio. Lagu Feel dari Bombay Bicycle Club menjadi pemanja telinga Mada dirumah siang itu. “lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa woooooooooooooooooyyyyy. Cepet jemput gua sini!” balasan dari Tara tiba. Wajah Mada tersenyum bodoh sambil membalas pesan dari Tara “iyee sabar, gua mandi dulu.”
                “Gua depan rumahlu Tar, keluar sini.” Kata mada sambil membuka jendela mobilnya dan menyalakan rokok. Tak lama ia melihat seorang wanita berbadan sedang dan tinggi yang lumayan menyainginya keluar dari rumah berwarna biru. Berkaos abu – abu bertuliskan “f**k you, i love plankton” dengan L yang diubah menjadi tokoh plankton dalam kartun spongebob dan memakai sepatu Nike Janoski warna coklat. Berkuliat sawo matang dan berambut panjang. Tara, sahabatnya sejak 2 tahun yang lalu. Diawali pertemuan tidak sengaja di acara NoBar final liga champions eropa tahun 2008 di sudirman, antara Manchester United dan Chelsea.


Oke segitu dulu. Hahaha emang singkat banget dan cenderung belum jelas ini cerita mau dibawa kearah mana. Tapi seenggaknya menurut gua sih worth a try lah buat pemula kaya gua. Silakan banget kalo mau ngekritik, gua seneng banget kalo ada yang ngekritik dan bisa ngasih gua masukan buat gua evaluasi lagi ini tulisan aik dari segi cerita atau dari penulisannya.