Mungkin
gua ha seharusnya nganggep ini sebagai semacem chore sih. Karena ini emang bukan chore. tapi karena gua mau ini jadi smacem channel yang bisa nyalurin
emosi ama imajinasi gua ketika gua lagi mager banget dan ga ada feel buat main
sket. Emang muasin batin banget, yah... kadang - kadang sih. Tapi gini deh coba mikirnya kaya
gini, gua udah dapet banyak banget referensi dan imajinasi dari masa kecil gua
yang hampir semuanya gua abisin buat baca komik, nonton film , dan main video
game ber-genre fantasi, jadi
logikanya adalah gua pasti bisa bikin sebuah atau dua buah cerita buat gua publish atau buat sekedar dinikmatin
aja.
Dan
emang iya, salah satu problem utama gua buat nulis atau bikin cerita adalah
kemageran gua yang amat sangat ngeselin untuk ngetik ketika ide tau – tau nongol
di pala. Atau mungkin karena gua nya aja yang agak sedikit perfeksionis dalam
hal kaya beginian (beginian tuh apa -_-“) yang bikin gua kurang puas terus ama
apa yang gua ketik atau tulis dimanapun itu. Jadi yang hasilnya gua belum buat
apa – apa dalam bentuk tulisan riil yang bisa gua kasi liat kesiapapun, yang
ada cuma bayangan kasar yang lalu lalang gajelas dikepala yang tau – tau ilang
disantap ketiadaan seperti halnya tai yang masuk kelobang wc abis di flush.
Gua
di awal semester ini bikin semacem target pribadi atas karya gua, berupa 50
puisi ama 4 cerpen. Progresnya? Buat puisi gua lost count, dan untuk cerpen.......belom sama sekali. Demi segala
yang bersih dan wangi dah gua ide ada tapi magernya kaga nahan buat ngetik. Kalo
ditulis pake pulpen bikin pegel, jadinya gua bingung sendiri. Ini aja gua
ngetik ginian juga hasil bingung mau ngapain lagi jam segini (jam 3 pagi hari
selasa dan gua ada kelas jam 8. HUEHUEHUE) dengan niatan mau ngetik at least draftnya aja dulu deh, asli Cuma
draftnya dulu aja. Tapi pas microsoft wordnya kebuka tiba – tiba ide pergi
terjun bebas ke bumi lalu hilang dari pandangan mata di muka.
“kesempurnaan
ga bakal dateng kalo lu cariin, kesempurnaan bakal dateng sendiri fe, selow wae
atuh ‘a.” Itu kutipan yang asoy banget dari salah seorang kawan gua yang
bernama Dudung, doi suka nulis juga, dan doi kayanya ngomong itu dari
pengalaman deh, jadi dia ngomong itu ke gua biar gua terusin nulis lagi dan
lagi. Dan sebenernya kalimatnya Dudung itu bener – bener common sense yang
mungkin semua orang tau tapi sering dilupain karena mereka (kita juga bisa sih)
sibuk ngejar sesuatu yang sama sekali ga penting. Apa itu? Kesempurnaan itu
sendiri. Jujur gua pengen ngebahas tentang kesempurnaan disini, tapi berhubung
tau – tau ide nongol di otak, jadi coba gua ceritain ke kalian ya.
“Da, dimana? Ngopi lah.” Tiga kata
tersebut masuk ke ponsel Mada siang itu dalam bentuk sms. Waktu menunjukan pukul 12 Mada, yang saat itu sedang tertidur
lelap di sofa rumahnya tidak menghiraukan pesan tersebut selama 2 jam. Sampai akhirnya
ia terbangun dan langsung melihat ponselnya dengan harapan ada yang mengajaknya
keluar rumah. Setelah ngulet selama 3
menit, ia melihat ponselnya dan mendapati ada satu sms masuk. “Woy Tar, ayolah,
dimana? Gua baru bangun, maap lama.” Balas Mada sigap dengan perasaan senang
karena ada yang mengajaknya keluar sabtu ini. Mada melepaslan pandangannya dari
ponsel dan melihat sekeliling ruang tamu rumahnya seraya mengumpulkan nyawa
pasca tidur. Rumahnya kosong. Orang tua dan adiknya pergi entah kemana. Jendela
– jendela terbuka lebar dan segelas teh yang mendingin trsedia diatas meja
makan. Mada berbalas pandang dengan kotak hitam berukuran 18 inci didepan
matanya. Dicarinya remote tv dan
menyalakan tv yang kemudian langsung dimatikan setelah melihat beberapa channel. Mada bangun dari sofa dan
menyalakan radio. Lagu Feel dari Bombay Bicycle Club menjadi pemanja telinga
Mada dirumah siang itu. “lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
woooooooooooooooooyyyyy. Cepet jemput gua sini!” balasan dari Tara tiba. Wajah Mada
tersenyum bodoh sambil membalas pesan dari Tara “iyee sabar, gua mandi dulu.”
“Gua
depan rumahlu Tar, keluar sini.” Kata mada sambil membuka jendela mobilnya dan
menyalakan rokok. Tak lama ia melihat seorang wanita berbadan sedang dan tinggi
yang lumayan menyainginya keluar dari rumah berwarna biru. Berkaos abu – abu
bertuliskan “f**k you, i love plankton” dengan L yang diubah menjadi tokoh
plankton dalam kartun spongebob dan memakai sepatu Nike Janoski warna coklat. Berkuliat
sawo matang dan berambut panjang. Tara, sahabatnya sejak 2 tahun yang lalu. Diawali
pertemuan tidak sengaja di acara NoBar final liga champions eropa tahun 2008 di
sudirman, antara Manchester United dan Chelsea.
Oke segitu dulu. Hahaha emang
singkat banget dan cenderung belum jelas ini cerita mau dibawa kearah mana. Tapi
seenggaknya menurut gua sih worth a try lah
buat pemula kaya gua. Silakan banget kalo mau ngekritik, gua seneng banget kalo
ada yang ngekritik dan bisa ngasih gua masukan buat gua evaluasi lagi ini
tulisan aik dari segi cerita atau dari penulisannya.